MAHASISWA BARU SEMANGAT BARU



Mahasiswa baru selalu menjadi perhatian utama segenap civitas academica di suatu univesitas, tak terkecuali Universitas Sebelas Maret Surakarta yang saat ini tengah menyambut mahasiwa baru 2010. Pihak rektorat tentunya telah mempersiapkan penyambutan mahasiswa baru jauh-jauh hari dan bukan merupakan hal yang terlalu istimewa. Namun, bagi mahasiswa baru ini adalah moment munculnya semangat baru. Mahasiswa baru tentunya akan merasakan sensasi yang berbeda ketika memasuki dunia perkuliahan yang begitu kompleks dengan segala ideologi dan sudut pandang. Disinilah, mahasiswa baru dengan semangat yang baru perlu menentukan posisi dirinya. Apakah dia hanya akan menjadi mahasiswa biasa atau sekedar menjadi mahasiswa yang luar biasa dengan mengusung perannya sebagai agen perubahan yang semakin dekat dengan puncak kepemimpinan.










Mahasiswa merupakan golongan yang netral dan berintelektualitas tinggi, paling tidak itulah anggapan masyarakat kita. Sejauh mana mahasiswa mampu membuktikan hal itu ditentukan oleh sepak terjangnya untuk membuktikan hal tersebut kepada bangsa dan masyarakat. Para pendahulu kita telah membuktikan eksistensinya sebagai mahasiswa dengan membawa misi perubahan dengan menjadi penyambung lidah rakyat. Dengan segala macam aksi yang dilakukannya mahasiswa menjelma menjadi kekuatan besar yang menghasilkan karya nyata. Ditengah-tengah kedzaliman pemerintah dimasa silam, mahasiswalah yang paling berperan dalam menyuarakan aspirasi masyarakat dan berbuah pada berakhirnya kedzaliman di negeri ini. Namun, sepak terjang mahasiswa belum selesai. Peran mahasiswa dalam melakukan control terhadap pemerintah tidak akan pernah berkhir. Kalau para pendahulu kita bisa melakukan hal-hal besar, maka kita pasti bisa melakukan yang lebih besar.
Semangat baru mahasiswa baru bak oase ditengah padang pasir yang tandus. Keberadaan mahasiswa baru merupakan angin segar bagi keberlangsungan peran mahasiswa sebagai agen perubahan itu sendiri. Sebagai generasi muda yang potensial dan intelek, mahasiswa baru merupakan harapan baru bagi segenap bangsa untuk membawa perubahan ke arah yang lebih baik. Mahasiswa baru hendaknya jangan hanya puas dengan menjadi mahasiswa biasa yang hanya berkutat dengan urusan kuliah saja karena sejatinya banyak hal, pengalaman, dan pelajaran yang dapat ditimba dari dunia perkuliahan. Jadilah mahasiswa yang berkontribusi bagi bangsa karena mahasiswalah kaum yang paling dekat dengan tampuk kepemimpinan.

0 Response to "MAHASISWA BARU SEMANGAT BARU"

Posting Komentar